Langkah Penanganan Malaria pada Ibu Hamil di NTT

Langkah Penanganan Malaria pada Ibu Hamil di NTT, Info Seputar Wanita
Langkah Penanganan Malaria pada Ibu Hamil di NTT, Info Seputar Wanita



Langkah Penanganan Malaria pada Ibu Hamil di NTT


Ibu hamil harus menjaga kesehatan, baik dari segi asupan makanan dan pencegahan terhadap berbagai penyakit, terutama malaria. Penanganan malaria terhadap ibu hamil masih terus digalakkan di Nusa Tenggara Timur.

Nusa Tenggara Timur termasuk wilayah Indonesia Timur yang endemik malaria. Data dari Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, kasus malaria di NTT pada 2013 tercatat 88.513. Angka tersebut mengalami penurunan pada tahun 2014 menjadi 72.765, lalu turun menjadi 36.128 kasus pada 2015.

Penanganan malaria pada ibu hamil dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, ibu hamil didata dan diminta melakukan screening. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan awal, apakah ibu hamil yang diperiksa itu positif atau negatif menderita malaria.

Bila hasilnya positif, kami segera menangani dengan pemberian obat. Selain itu, baik ibu hamil yang menderita malaria atau tidak, pemberian kelambu berinsektisida dilakukan. Kelambu ini efektif untuk mencegah ibu hamil dari gigitan nyamuk.

Supaya ibu hamil yang sehat tidak terkena malaria, asupan makanannya pun turut dipantau dan teratur. Pantauan asupan ini merupakan langkah untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil.

Awal yang utama itu kesehatan ibu hamil yang harus dijaga dan ditingkatkan. Bila sudah sehat berarti ibu hamil terhindar dari segala penyakit, terutama malaria.

0 Response to "Langkah Penanganan Malaria pada Ibu Hamil di NTT"

Post a Comment